Pages

Jumat, 24 Juni 2011

Cara Mem-publish File Flash

Biasanya, kita hanya mendapatkan file dalam bentuk SWF ketika file Flash dijalankan dengan CTRL+ENTER. Nah, selain ada fasilitas untuk export, kita juga bisa mem-publish file tersebut menjadi berbagai pilihan format, seperti Windows projector, html, dan lain-lain. Untuk melakukannnya, kita hanya perlu men-setting status publikasinya. Jangan khawatir !!! Walaupun di-publish dalam format html, action script-nya tetep bisa jalan semuanya. 
Namun, jika ingin menjadikan file seperti gif / video, action script-nya mungkin ada yang g' jalan. Jika kamu perhatikan pada gambar di samping, untuk yang gambar paling gede itu adalah file hasil publish dari Windows Projector. File ini bisa dimainkan dalam komputer manapun, bahkan jika komputer tersebut tidak memiliki program Flash untuk membukam filenya. Namu, yang perlu diingat adalah file ini sanagat rentan sekali dengan viruss... Pengin tau nih gimana caranya ??? Baca nih tutorialnya :

  1. Buka file flash yang sudah kamu miliki, tentunya dalam bentuk file aslinya.
  2. Klik File > Publish Setting
  3. Jika kamu belum pernah meng-utak-utik hal ini, kamu pasti akan mendapatkan settingan default-nya yang berupa tipe Flash dan HTML.
  4. Kamu bisa menambah / megurangi settingannya, misal tambahkan aja Windows Projector
  5. Klik Publish langsung boleh / klik OK langsung juga boleh.
  6. Jika sudah, untuk meng-update hasil settingan, cukup klik F12 pada keyboard