Pages

Jumat, 24 Juni 2011

Cara Membuat Link dengan Flash

Apa sich pengertian Linkage itu? Mungkin sebagian dari kalian dah tau apa itu Linkage . Jika kalian cermati , Linkage ada tulisannya "Link" yang artinya menghubungkan . Di dalam Flash juga demikian . Linkage berarti menghubungkan objek di Flash dengan meggunakan script hasil linkage tersebut . Dan yang biasanya di-linkage adalah movieclip / sound .
Nah, daripada pembuat blog banyak cuap2 , bendingan langsung ajah nih tutorialnya.

  1. Buka program Flash yang ada pada komputer kalian.
  2. Buat objek , lalu jadikan simbol dengan "Convert to Symbol.." atau bisa juga masukkan musik dengan klik "File > Import to Library.." , lalu pilih file musik yang ada di komputer kalian. Lihat di bagian Library . Klo jendela Library-nya blom ada , kalian bisa menampilkannya lewat "Window > Library"
  3. Lihat tampilan Library di Flash kalian . Jika sudah terisi musik/sound , tampilannya akan seperti ini :
    Untuk nama soundnya , tergantung nama file yang di-import . Namun kamu juga bisa me-rename-nya dengan klik kanan sound > Rename.
  4. Untuk melakukan Linkage , klik kanan sound(sama seperti me-rename), pilih Linkage , lalu beri centang pada bagian paling atas.
  5. Muncul kotak dialog seperti ini :
  6. Kamu bisa mengganti namanya juga. Tapi tidak boleh diberi spasi ya...
  7. Jangan lupa CTRL + ENTER yaa...Klo g juga g' pa2.