Pages

Jumat, 24 Juni 2011

Membuauat Storyboard Secara Digital ?




Perkembangan teknologi software, akhirnya membuat kita berada pada dua pilihan. Ingin cepat bahkan bisa dianggap malas, atau ingin mengembangkan bakat dengan tetap pada cara konvensional ? Storyboard adalah salah satu hasil pekerjaan artistik murni kepiawaian menggambar, yang saya pikir tidak dapat digantikan dengan software, tapi tidak setelah saya menemukan Storyboard Digital ini.

Penggiat video dan profesional dalam industri production house, tentu sudah akrab dengan Storyboard. Ini adalah istilah untuk sebuah alur cerita bergambar yang dibuat sebelum proses produksi tayangan video berjalan, khususnya shooting. Bagi beberapa advertising agency, Storyboard digunakan untuk menceritakan dan meyakinkan client-nya akan konsep TVC yang mereka buat. Storyboard juga menjadi panduan pada saat shooting, seluruh awak dari team produksi kadang juga melisting keperluan produksi dengan mengacu pada storyboard.

Adalah Springboard, sebuah software yang dapat membantu kita membuat storyboard dengan lebih efektif dan tentu saja efisien, meskipun menurut para Storyboard Maker, hasilnya belum sempurna. Bisa jadi, ini adalah salah satu bentuk penolakan secara halus karena secara tidak langsung bakat dan pengalaman mereka menggambar storyboard secara manual bisa jadi kelak digantikan oleh software ini, meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa nilai artistik dan tujuan utama dari dibuatnya storyboard, lebih bisa diwakili oleh Storyboard Maker dengan cara manual.

Software ini bisa dilihat di
http://www.6sys.com/Springboard atau bagi yang tertarik untuk mencari beragam software pembanding lainnya, bisa search google dengan keywoard storyboard digital. Springboard, memang bukan yang pertama mempublish software Storyboard digital, ada beberapa lagi nama software yang dirancang khusus untuk membuat storyboard. Software ini sendiri sangat direkomendasikan untuk keperluan pra-produksi tayangan video dalam skala kecil, seperti membuat film pendek, tvc, presentasi multimedia, komik, dan yang jelas software ini sangat direkomendasikan bagi anda yang dikejar deadline! Dengan catatan, anda harus menguasai dulu penggunaan beragam tools yang terdapat didalamnya.